Minggu, 29 Juli 2012

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI




Perbedaan Windows dengan Linux

Windows merupakan produk dari Microsoft yang didirikan oleh Bill Gates, Tujuannya adalah untuk komersial . sedangkan linux merupakan system operasi yang dikembangkan oleh Linus Tovald pada tahun 1991, pada saat itu dia masih berstatus mahasiswa di Universitas Helsinki.

Tidak seperti Microsoft windows, Linux merupakan System operasi yang gratis dan sumbernya pun terbuka sehingga siapapun boleh mengembangkannya. Walaupun demikian, lisensinya tetap dipegang oleh Linus Tovald sebagai jerih payahnya dalam menemukan Linux.

Mac OS merupakan system operasi yang dikeluarkan oleh perusahan computer apple. Perusahaan apple di dirikan pada tahun 1976 oleh steve jobs, steve Wozniak, dan salah seorang Insinyur Atari yang bernama Ronald Wayne.

Sepesifikasi:
1. User Interface.

Windows
Tidak banyak memiliki User Interface kecuali Windows Vista.
Linux.
Banyak memiliki User Interface, bias memilih sesuai dengan kebutuhan sepesifikasi computer.
MacintOS
Sama seperti windows, Juga tidak begitu banyak memiliki User interface seperti Linux.

2. Keamanan dan Virus.

Windows.
Virus menjadi suatu yang menakutkan dan selalu mengancam system operasi windows. Sehingga dapat merusak data yang ada di windows.
Linux.
Virus bagi linux bukanlah sesuatu yang menakutkan bagi pengguna System operasi Linux, karena keamanan di linux lebih kuat. Walaupun virus baru saja masuk dan berkembang biak di dalam linux. Namun tidak mem bawa dampak kerusakan yang besar.

3. Installasi dan kelengkapan Program.

Windows.
Windows adalah system operasi, itu sebabnya windows tidak menyediakan banyak program setelah di install. Kalaupun ada mungkin anda hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.

Linux.
Sekalipun linux juga suatu system operasi, tetapi linux di distribusikan dengan banyak program di dalamnya ( itu sebab dikenalnya istilah distro-dari kata distribusi-Linux) setelah di install, anda akan menemukan banyak aplikasi sebut saja kategori OfficeSuit, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet ( Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrnet, News). 3D, Games, Utility dll.
4. Konfigurasi Sistem

Windows.
Windows dikenal kemudahan dalam pemakaiannya, karena hamper semua hal bisa dilakukan dengan point Click yang sudah berbasis grafis.

Linux.
Di linux, anda mungkin sering mendengar perlunya mempelajari perintah-perintah secara manual di command line. Belakangan Linux sudah mengalami perkembangan yang sagat pesat, sehingga hampir semua hal juga bias anda lakukan sama mudahnya seperti di windows.

5. Hardware support

Windows.
Di windows, biasanya anda tidak pernah mendengar masalah hardware, karena hampir semua hardware yang ada sudah menyertakan drivernya.

Linux
Di linux anda mungkin sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediaknan driviversi linux.
Untungnya, belakangaan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver linux.

6. Partisi harddisk
Linux tidak mengenal penamaan driver C: untuk suatu partisi. Semua driver disatukan dalam suatu system penyimpanan yang besar. Folder/merupakan tempat untuk anda mengakses semua media yang ada di computer, baik partisi lain, CD-ROOM, Floppy, ataupun FlashDisk.

Tidak ada komentar: